Makalah Biografi Nashiruddin Ath-Thusi Sahabat Rasulullah




MAKALAH BIOGRAFI ILMUWAN

Nashiruddin Ath-Thusi
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Peradaban Islam
Yang dibimbing oleh : Prof. Dr. H. Miftah Arifin M.Ag



Disusun Oleh :

Ø  RABIAH AL ADAWIYAH ISLAMEA                  (083143184)



Perbankan Syari’ah/Syariah
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER
TAHUN 2014 / 2015





                                   KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmaanirrahim
Dengan nama Allah Azza Wa Jalla yang Maha Pemurah lagi maha Penyayang, yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW. untuk menyampaikan agama yang hak, memberi  petunjuk kepada seluruh umat manusia ke jalan kebaikan, untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.
Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT Tuhan alam semesta yang maha Esa. Karena upaya penyelesaian penulisan makalah biografi Ilmuwan Islam zaman klasik Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak dosen mata kuliah “Sejarah Peradaban Islam” yang telah membimbing untuk menyusun makalah ini.
Dalam makalah ini, membahas tentang sejarah lahirnya Ilmuwan Islam klasik yaitu “Nashiruddin Ath-Thusi”, sejarah hidupnya, teori-teori keilmuwan yang dihasilkannya, dan sekilas terdapat karya-karya yang dihasilkannya disepanjang sejarah hidupnya. Setelah berhasil melakukan kegiatan mengoleksi dan menyeleksi informasi dari beberapa referensi yang saya dapat.
Penyusun berharap pembaca makalah biografi ilmuwan islam klasik “Nashiruddin Ath-Thusi” ini dapat sedikit menambah wawasan pembaca tentang kajian mata kuliah Sejarah Peradaban Islam. Penyusun menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, oleh karna itu, penyusun berharap kepada para pembaca, dapat memberikan kritik dan saran atau masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Demikian, semoga makalah ini benar benar memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin.


Penyusun
5 Oktober 2014





Sejarah Kehidupan Awal

Nashiruddin Ath-Thusi Adalah salah seorang ilmuwan muslim terkemuka dalam bidang astronomi, falsafah, teologi, matematika serta pakar perubatan dan penulis, iaitu beliau adalah seorang pakar dalam pelbagai bidang. Dialah penggagas teropong bintang terbesar dan tercanggih yang pernah dikenal oleh manusia sebelum era modern.
Dia bernama Abu Ja’far Muhammad Bin Hasan Nashiruddin. Dia biasa dipanggil dengan nama Ath-Thusi, karena dilahirkan di daerah Thus yang terdapat di Khurasan, Persia (sekarang Iran). Lahir di Thus 11 Jamadi al-Ula,  pada tahun 597 H (16 Februari, 1201 M) yang terletak dekat dengan Meshed di timur laut Iran tinggi di lembah Sungai Kashaf. Ia lahir pada awal abad yang akan melihat penaklukan di seluruh dunia Islam dari dekat dengan Cina di timur ke Eropa di barat. Era ketika kekuatan militer besar bangsa Mongol akan menyapu seluruh wilayah luas dunia Islam menampilkan permusuhan pahit terhadap Islam dan kejam membantai orang. Ini adalah periode di mana akan ada sedikit kedamaian dan ketenangan bagi ulama besar untuk mengejar pekerjaan mereka, dan Ath-Thusi itu pasti ditarik ke dalam konflik melanda negaranya. Ia lahir dari sebuah keluarga berpaham syiah, dan dia meninggal dunia pada tahun 672 H (1274 M).
Di Thus, ayah Ath-Thusi adalah seorang ahli hukum di Kedua belas Imam Sekolah. Kedua Belas Imam adalah sekte utama Muslim Syiah dan sekolah di mana Ath-Thusi dididik terutama pembentukan agama. Namun, selama belajar di Thus, Ath-Thusi diajarkan topik lain dengan pamannya yang akan memiliki pengaruh penting pada perkembangan intelektualnya. Topik ini termasuk logika, fisika dan metafisika sementara ia juga belajar dengan guru lain pembelajaran matematika, khususnya aljabar dan geometri.
           Pada 1214, ketika al-Tusi berusia 13 tahun, Genghis Khan, yang merupakan pemimpin Mongol, berpaling dari penaklukan di China dan mulai kemajuan pesat ke arah barat. Ini tidak akan terlalu lama sebelum Ath-Thusi akan melihat efek dari penaklukan ini pada daerah sendiri, tapi sebelum itu terjadi ia mampu mempelajari topik yang lebih maju. Dari Thus, Ath-Thusi pergi ke Nishapur yang 75 km sebelah barat dari Thus. Nishapur adalah pilihan yang baik untuk Ath-Thusi untuk menyelesaikan pendidikannya karena itu merupakan pusat penting dari pembelajaran. Ath-Thusi belajar filsafat, kedokteran dan matematika. Secara khusus ia diajarkan matematika dengan Kamal al-Din bin Yunus, yang dirinya telah menjadi murid dari Sharaf al-Din Ath-Thusi. Sementara di Nishapur Ath-Thusi mulai memperoleh reputasi sebagai seorang sarjana yang luar biasa dan menjadi terkenal di seluruh daerah.


            Mongol invasi mencapai daerah Thus sekitar 1220 dan ada banyak kehancuran. Genghis Khan mengalihkan perhatiannya lagi ke arah timur meninggalkan jenderal dan anak-anaknya di barat untuk melanjutkan penaklukan. The Assassins, yang mempraktekkan bentuk intelektual ekstremis Syiah, menguasai benteng Alamut di Elburz Mountains, dan benteng tertembus serupa di pegunungan. Ketika diundang oleh Ismailiyah penguasa Nasir ad-Din 'Abd ar-Rahim untuk bergabung dengan pelayanan Assassins, Ath-Thusi diterima dan menjadi anggota yang sangat dihormati Pengadilan Ismailiyah. Apakah dia akan mampu untuk pergi, harus ia ingin, tidak sepenuhnya jelas. Namun, Ath-Thusi melakukan beberapa karyanya yang terbaik saat bergerak sepanjang benteng yang berbeda, dan selama periode ini ia menulis karya-karya penting pada logika, filsafat, matematika dan astronomi. Yang pertama dari karya-karya ini, Akhlaq-i Nasiri, ditulis dalam 1232. Itu adalah bekerja pada etika yang Ath-Thusi didedikasikan untuk Ismailiyah penguasa Nasir ad-Din 'Abd ar-Rahim.

            Pada 1256 Ath-Thusi berada di benteng Alamut ketika diserang oleh pasukan Mongol pimpinan Hulaku, cucu Genghis Khan, yang pada waktu itu ditetapkan pada memperluas kekuasaan Mongol di daerah Islam. Beberapa menyatakan bahwa Ath-Thusi mengkhianati pertahanan Alamut ke Mongol menyerang. Tentu saja pasukan Hulaku hancur. Begitu juga dengan Alamut dan, Hulaku sendiri menjadi dirinya sendiri tertarik pada ilmu pengetahuan, ia memperlakukan Ath-Thusi dengan hormat. Mungkin memang Ath-Thusi merasa bahwa ia ditahan di Alamut bertentangan dengan keinginannya, karena tentu ia tampak antusias mengikuti Mongol menang yang menunjuknya sebagai penasihat ilmiah mereka. Dia juga mengepalai urusan agama dan dengan pasukan Mongol di bawah Hulaku ketika mereka menyerang Baghdad pada tahun 1258.

Al-Musta'sim, khalifah Abbasiyah terakhir di Baghdad, adalah seorang pemimpin yang lemah dan ia terbukti tidak cocok untuk pasukan Mongol Hulagu ketika mereka menyerang Baghdad. Setelah mengepung kota, Mongol masuk di Februari 1258 dan Al-Musta'shim bersama dengan 300 pejabat itu dibunuh. Hula
ku memiliki sedikit simpati dengan kota setelah pasukannya telah memenangkan pertempuran, sehingga ia dibakar dan dijarah kota dan membunuh banyak dari penduduknya. Tentu Ath-Thusi telah membuat langkah yang tepat sejauh keselamatannya sendiri prihatin, dan dia juga akan mendapatkan keuntungan secara ilmiah perubahan nya kesetiaan.
Ketika Mongolia di bawah pimpinan Hulaku melakukan penyerangan ke Iran, Ath-Thusi pada saat itu sedang dipenjara oleh Al-Hasyasyin di benteng Al-Maut yang terletak di sebelah utara Iran. Ketika Hulaku berhasil menguasai benteng Al-Maut dan menundukkan Negara Al-Hasysyasyin pada tahun 654 H (1256 m), Hulaku membebaskan Ath-Thusi dan sebagai imbalannya dia harus bekerja kepada Hulaku. Bahkan ketika dilakukan penyerangan terhadap Baghdad, dia ikut bersama Hulaku. Hubungan yang terjalin antara keduanya akhirnya membuat orang lain meragukan kepribadian Ath-Thusi. Orang-orang yang pro terhadap Ath-Thusi mengatakan bahwa pada saat itu dia tidak punya pilihan karena Hulaku telah membebaskan dan menyelamatkan nyawanya serta mengakui keilmuwan dan martabatnya. Karena itu, Ath-Thusi tidak berkeinginan untuk memutuskan hubungan tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa Ath-Thusi telah melakukan apa yang seharusnya dia lakukan demi menjaga dan memelihara peradaban Islam, sekalipun dia tidak dapat menyelamatkan Baghdad dari keberingasan Hulaku pada tahun 656 H (1258 M). Namun Ath-Thusi telah berhasil meyakinkan Hulaku untuk memeluk agama Islam pada akhir hayatnya. Dengan demikian, dia telah berhasil mengislamkan musuh Islam yang paling jahat, dan wafat sebagai seorang muslim.
Sekalipun kita mengakui Ath-Thusi sebagai salah seorang ilmuwan Islam terkemuka dalam bidang matematika dan astronomi, namun kita tidak bisa menerima pembelaan para pendukungnya karena hubungannya dengan Mongolia. Kita lebih berharap kiranya saat itu dia pergi meninggalkan Iran menuju Mesir, Maroko, atau Andalusia, dan tidak tetap berteman dengan musuh umatnya yang telah meluluhlantakkan Baghdad dan Negara lainnya sehingga menjadi sungai yang dialiri oleh darah 1.800.000 orang yang telah dibantai oleh bala tentara Hulaku di jalanan.

Keberhasilan Ath-Thusi (Laboratorium Maraghah)

Ath-Thusi belajar ilmu bahasa dan agama sejak usia kanak-kanak. Pada masa mudanya dia telah mulai belajar kepada seorang ahli matematika yang bernama Kamaluddin bin Yunus. Dia belajar agama berdasarkan madzhab Syiah sehingga dia menjadi ulama terkemuka Syiah. Di samping belajar bahasa Persia, dia juga belajar bahasa Arab, Turki, dan Yunani. Dia berhasil menguasai semua bahasa yang pernah dia pelajari. Ath-Thusi telah berupaya seoptimal mungkin mempelajari dan mengkaji karya tulis-karya tulis Islam dan Barat dalam bidang ilmu astronomi.
Nashiruddin berhasil meyakinkan Hulaku untuk membangun gedung astronomi yang besar dan tidak ada bandingannya di kota Maraghah, kota yang terletak di selatan Azerbaijan, Iran pada saat itu. Pembangunan gedung ini dibiayai oleh harta wakaf Azerbaijan yang pengurusannya diserahkan kepada Ath-Thusi oleh Hulaku. Ketika gedung itu menghabiskan biaya yang sangat besar sekali, Ath-Thusi kembali meyakinkan Hulaku bahwa hasil pemantauan udara mengisyartkan bahwa sesuatu akan terjadi bagi Hulaku, dan laboratorium astronomi ini kemungkinan akan berhasil mengatasinya. Atau bahwa Ath-Thusi yan gmembangun laboratorium astronomi untuk tujuan ilmiah ini telah membohongi Hulaku dan mengharamkannya dengan tujuan-tujuan mistik dan ramalan.
Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 657 H (1259 M) yang masih bisa dilihat sampai saat ini di bawah pimpinan langsung Ath-Thusi dan diawasi oleh para ilmuwan besar lainnya, seperti : Al-Mu’ayyid Al-Aradhi Ad-Damasyqi, Al-Fakhrul Maraghi Al-Mushili, Al-Fakhrul Khallathi At-Taflisi, dan Najmuddin Al-Qazwaini. Juga dibantu oleh astronom Cina dalam pembangunan dan pengoperasian observatorium. Bangunan ini selesai dengan sempurna setelah memakan waktu 30 tahun lamanya dan menjadi laboratorium astronomi terbesar.
Di atas laboratorium ini dibangun kubah yang diatasnya terdapat lubang yang memungkinkan sinar matahari masu ke dalamnya berdasarkan ukuran pergerakan matahari yang lambat dengan derajat dan ukuran waktu dalam menit selama memantau bayangan yang jatuh. Lubang ini juga memungkinkan diketahuinya batasan sudut ketinggian matahari pada waktu siang dan di waktu-waktu pergantian musim dalam setahun. Laboratorium astronomi ini dilengkapi dengan peralatan yan gtergolong langka untuk memantau atmosfer bumi dan benda-benda luar angkasa. Tersedia juga berbagai instrumen seperti 4 meter dinding kuadran terbuat dari tembaga dan kuadran azimuth yang penemuan Al-Tusi sendiri. Selain itu, laboratorium ini juga dilengkapi dengan peta iklim bumi dan perpustakaan yang berisi 400.000 ribu jilid buku. Air dinaikkan ke laboratorium ini dengan alat yang khusus. Di laboratorium ini dilakukan berbagai macam penelitian oleh para ahli astronomi, matematika, dan para insinyur.
Ath-Thusi menempatkan Observatory nya dengan baik, membuat tabel yang sangat akurat dari gerakan planet. Dia publikasikan Zij-i ilkhani (Tabel Ilkhanic), tertulis pertama dalam bahasa Persia dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, setelah melakukan pengamatan selama 12 tahun. Karya ini berisi tabel untuk menghitung posisi planet-planet, dan juga berisi katalog bintang. Ini bukan satu-satunya pekerjaan penting yang Ath-Thusi diproduksi dalam astronomi. Hal ini adil untuk mengatakan bahwa Ath-Thusi membuat perkembangan yang paling signifikan model Ptolemy dari sistem planet hingga pengembangan model heliosentris dalam waktu Copernicus. Peranannya tidak hanya sebatas untuk melakukan pemantauan astronomi, akan tetapi juga sebagai sekolah dna tempat belajar bagi sebanyak 100 orang murid Ath-Thusi. Mereka belajar dasar-dasar ilmu astronomi dan berbagai macam ilmu pengetahuan alam lainnya.

Penemuan Nashiruddin Ath-Thusi

1.      Bidang Matematika
a.       Ath-Thusi berhasil mengembangkan angka berakar seperti yang sebelumnya pernah pertama kali dibahas oleh Al-Khawarizmi, dan ternyata Ath-Thusi berhasil menyelesaikan persamaan angka berakar.
b.      Dia berhasil dalam memisahkan ilmu hitung trigonometri dari ilmu astronomi, serta mengembangkannya sebagai ilmu matematika yang berdiri sendiri.
c.       Ath-Thusi adalah orang yang pertama kali membuat seegitiga bertingkat untuk segitiga di atas bola dengan sudut yang sama. Segitiga bertingkat adalah persamaan segitiga yang mana setiap ujungnya sama dan tidak berbeda kecuali dalam bentuk (dalam cara mengerjakannya dan rumus-rumusnya). Sudut yang sama adalah segitiga sama sisi yang digambar di atas permukaan bola.
d.      Dia menjelaskan dan membuat geometri Euklildes dan menyelesaikan permasalahan-permasalahannya yang rumit dengan bukti-bukti yang kuat dan penuh inovasi.
e.       Dia adalah orang yang mempelopori studi logika matematika

2.      Bidang ilmu astronomi
a.       Ath-Thusi meluncurkan kritik-kritik penting terhadap teori Ptolemaeus tentang ilmu astronomi dalam bukunya”Al-Majasithi” yang menyebabkan berubahnya pandangan para ahli astronomi dan berusaha memperbaiki pendapat Ptolemaeus tentang alam dan diberi nama teori “Izdiwaj Ath-Thusi” yang dipergunakan oleh para ahli astronomi setelahnya seperti ahli astronomi Belanda, Copernicus, dalam memperbaiki pendapat tentang peredaran sebagian planet.
b.      Ath-Thusi adalah orang yang pertama kali membuat teropong dalam bentuk yang benar, dan teropong ini dikenal dengan nama “Asha Ath-Thusi.” Dalam hal itu, Ath-Thusi menulis tesis penting yang selanjutnya diteruskan oleh salah seorang muridnya.
c.       Ath-Thusi membuat gedung astronomi terbesar dalam peradaban Islam dan diberi nama “Laboratorium Maraghah”.
3.      Bidang Fisika
a.       Ath-Thusi menemukan dalil baru untuk menyamakan 2 sudut, yaitu sudut jatuh dan sudut pantul dari cahaya sinar yang jatuh pada permukaan kaca yang datar.
b.      Ath-Thusi berhasil menafsirkan tentang fenomena pelangi.
4.      Bidang pemikiran ilmiah
a.       Ath-Thusi adalah orang yang pertama kali mengajak untuk mengadakan seminar ilmiah di sepanjang sejarah hidup manusia. Seminar ini dilaksanakan di Laboratorium Maraghah, dan diikuti oleh para ahli astronomi terkemuka yang hidup pada masa Ath-Thusi.



Karya-karya Ath-Thusi

Ath-Thusi telah mengarang lebih dari 145 buku dalam bidang ilmu matematika, astronomi, geografi, dan fisika. Di antara sebagian buku itu terdapat hasil terjemahan dari buku-buku Yunani dan penjelasannya. Sebagaimana dia juga mempelajari buku-buku Ibnul Haitsam yang sangat dikagumi oleh Ath-Thusi. Buku-buku itu dia tambah dengan penjelasan-penjelasan dan komentar. Berikut sebagian karya-karya Ath-Thusi:
1.      Bidang  matematika

a.       “Kitab Syakl Al-Qitha’.” Buku ini metupakan buku penting yang telah memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu hitung trigonometri dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, Prancis, dan Inggris. Selama berabad-abad buku ini telah dijadikan sebagai rujukan utama oleh para ilmuwan Eropa. Bahkan seorang ahli astronomi dan matematika Jerman, Regiomontanus yang memasukkan ilmu aljabar dan ilmu hitung trigonometri ke Jerman telah menjadikan buku ini sebagai pedoman utama dan menyadur sebagian isinya.
b.      “Risalah Fi Al-Mutsallatsat Al-Mustawiyah”
c.       “Kitab Al-Jabar Wa Al-Muqabalah”
d.      “Maqalah An Qiyas Ad-Dawa’ir Al-Uzhma”
e.       “Ar-Risalah Asy-Syafiyah An Asy-Syakki Fi Al-Khuthuth Al-Mutawazinah”
f.       “Risalah Fi Mutsallatsat Al-Kurawiyyah”
g.       “Maqalah Fii Al-Qitha’ Al-Kurawi”

2.      Bidang Ilmu astronomi
a.       “Az-Zaij Al-Ilkhani.” Buku ini merupakan buku penting berisi hasil pemantauan luar angkasa yang dilakukan oleh Ath-Thusi di laboratorium astronomi Maraghah. Buku ini terdiri dari 4 bagian, Pertama, tentang sejarah-sejarah. Kedua, tentang pergerakan planet dan letaknya. Ketiga, waktu-waktu melakukan pemantauan bintang-bintang. Keempat, tentang judul-judul lain yang berhubungan dengan bintang. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahsa Persia.
b.      “Zaij Az-Zahi”
c.       “Kitab Tahrir Al-Majsithi”
d.      “Maqalah An Sair Al-Kawakib Wa Mawadhi’uha Thulan Wa Ardhan”
e.       “Kitab Zhahirat Al-Falak”
f.        “Maqalah Fi A’mal An-Nujum”

3.      Bidang Fisika
a.       “Kitab Tahrir Al-Manazhir Fi Al-Bashariyyat”





Karakteristik Ath-Thusi
Ø  Sejarawan, George Sarton, mengatakan,Ath-Thusi telah menampakkan keunggulannya yang luar biasa dalam mengatasi masalah-masalah parallel dalam ilmu geometri, dan dia membuktikan dengan dalil-dalil yang menunjukkan kecerdasannya.
Ø  Ilmuwan Fidman, mengatakan, “Nashiruddin Ath-Thusi berusaha untuk membuktikan pendapat Euklides yang ke 5 dalam bukunya “Ar-Risalah Asy-Syafiyah An Asy-Syakki Fi Al-Khuthuth Al-Mutawaziyah.” Usahanya berhasil, karena dia membuka dialog dan tidak menerima begitu saja buku Euklides dan semacamnya dari para ilmuwan geometri Yunani.
Ø  Ilmuwan Irkubil, mengatakan, “Buku Nashiruddin Ath-Thusi tentang ilmu hitung trigonometri memiliki pengaruh yang besar bagi ilmuwan matematika di Timur dan di Barat, karena di dalamnya terdapat penemuan-penemuan yang membantunya mengembangkan bidang ini dari berbagai bidang dalam ilmu matematika.





PENUTUP

Nashiruddin Ath-Thusi meninggal dunia pada 18 Dhu’l-Hijjah tahun 672 H (1274 M) di Kadhimain, dekat Baghdad (sekarang Iraq). Nashiruddin Ath-Thusi (12011274), yaitu beliau meninggalkan karya-karya, teori-teori yang berhasil dikembangkannya yang hingga saat ini diselami dan dipelajari oleh seluruh dunia. Pemikirannya sangat dipengaruhi lingkungan masa kecilnya dari keluarga Syi’ah yang sangat mementingkan ilmu pengetahuan dan dasar-dasar agama Islam mazhab Syi’ah.
Kesuksesannya cukup membuat perkembangan ilmu pengetahuan pada saat itu berkembang dan semakin melesat. Hingga kini, Nashiruddin Ath-Thusi dikenal dan diakui oleh seluruh dunia terlebih dalam sejarah islam adalah sebagai ilmuwan Islam terkemuka karna hasil karya-karyanya yang cemerlang.





















DAFTAR PUSTAKA

Muhammad, Jaudah Gharib. 2007. 147 Ilmuwan Terkemuka dalam sejarah Islam. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.









































Comments

Popular Posts